12 TEMPAT WISATA DI MEDAN DAN SEKITARNYA YANG TERKENAL

Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Ibukota Sumatera Utara ini juga menjadi kota terbesar di Sumatera. Selain terkenal dengan wisata Danau Toba-nya yang mendunia.

 

12 TEMPAT WISATA DI MEDAN DAN SEKITARNYA YANG TERKENAL

 

Ternyata Medan juga memiliki beberapa tempat wisata terkenal yang dapat kamu kunjungi apabila berlibur ke kota seribu becak tersebut. Dari beberapa tempat wisata menarik yang ada di Medan, wisataonesia coba merangkum 12 tempat wisata di Medan Yang Hits Dan Wajib Kamu Kunjungi.

 

1. Taman Bermain Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit merupakan taman bermain terbesar yang ada di Sumatera Utara. Terletak di Jalan Jamin Ginting, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Taman bermain ini merupakan objek wisata terkenal yang wajib  kamu kunjungi apabila berlibur ke Medan.

 

Dengan mengusung konsep taman bermain yang hampir sama dengan Dufan Jakarta dan Trans Studio Bandung, tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur weekend. Maklum tempat wisata ini hanya buka saat libur dan akhir pekan saja.

 

Disini terdapat sekitar 3 tema wahana permainan yang dapat kamu mainkan. Seperti The Heritage yaitu wahana yang mengusung nuansa kastil yang megah. The Lost City yaitu wahana dengan arsitektur kuno dan terakhir Toon Town yang mengusung tema taman bermain anak. Dimana setiap temanya memiliki wahana permainan menarik yang dapat kamu mainkan seperti Komedi Putar, Rooler Coaster, Kincir Raksasa, Theathre 4D dan masih banyak lagi.

 

2. Funland Mickie Holiday

Funland Mickie Holiday merupakan taman bermain yang dapat kamu kunjungi selain Taman Bermain Hillpark Sibolangit. Terletak di Jalan Jamin Ginting Km 50, Desa Pecen, Kecamatan Berastagi. Disini kamu dapat menemukan sekitar 35 wahana permainan seru yang dapat kamu mainkan seperti Tsunami, Splash, Rafling, Shoot Game dan masih banyak lagi.

 

Bagi kamu yang ingin bermain Paint Ball, cukup dengan membayar Rp.60.000 (60 Butir Peluru) kamu sudah bisa merasakan perang - perangan di temani dengan sejuknya udara pegunungan Berastagi.

 

3. Istana Maimun

Instana Maimun merupakan salah satu ikon kota Medan. Bangunan megah yang berdiri kokoh di tengah kota medan ini adalah bangunan bersejarah peninggalan Kesultanan Deli. Terletak di Jalan Sultan Ma'moen Al Rasyid No.66, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.

 

Dengan desain arsitektur serta interior bangunan  bergaya islam, spanyol, india dan italia yang didominasi warna kuning keeemasan, membuat istana ini begitu indah. Disini kamu dapat melihat berbagai koleksi peninggalan zaman Kesultanan Deli seperti Singgasana Sultan, Koleksi berbagai foto, serta sejarah Kerajaan Deli. Ada yang unik disini, bagi kamu yang ingin tampil beda bagaikan sultan dan ratu, kamu dapat menyewa pakaian kesultanan yang telah disediakan disana, dengan membayar sekitar Rp.10.000, kamu sudah dapat berfoto menggunakan pakaian ala zaman kesultanan.

 

4. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini adalah objek wisata terkenal selanjutnya yang dapat kamu kunjungi apabila berlibur ke Medan. Terletak di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Berastagi. Objek wisata satu ini merupakan komplek Kuil Budha yang memiliki bangunan unik dan cantik. Disini terdapat pagoda tertinggi di Indonesia, dimana pagoda tersebut merupakan replika pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Selain itu disini juga terdapat sekitar 2.500 patung Budha  yang  didominasi warna keemasan.

 

Fasilitas yang disediakan disini cukup lengkap seperti Toilet, Pusat Informasi, Toko - toko Souvennir, serta wahana permainan ada disini.

 

5.Merdeka Walk

Bagi kamu yang ingin berwisata kuliner kamu dapat mengunjungi Merdeka Walk. Terletak di Jalan Balai Kota, Medan Barat, Kota Medan. Objek wisata kuliner yeng terkenal di kota medan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang ingin berburu kuliner. Merdeka Walk juga menjadi tempat nongkrongnya anak medan. Ada banyak menu makanan yang disediakan disini seperti Western, Asian Food hingga makanan khas medan ada disini. Selain itu disini kamu juga dapat menemukan arena bermain serta toko - toko souvenir.

 

6. Museum Sumatera Utara

Ingin mengenal budaya dan sejarah Sumatera Utara lebih dekat, kamu dapat mengunjungi Museum Sumut. Terletak di Jalan H.M Jhoni No 51, Teladan Bar, Kota Medan. Objek wisata sejarah satu ini merupakan museum terbesar di Sumatera Utara.

 

Disini terdapat beberapa ruangan yang dapat kamu temui seperti ruangan pameran tetap, ruangan temporer dan ruangan audio visual. Selain itu kamu juga dapat melihat berbagai benda - benda bersejarah peninggalan zaman dahulu, koleksi replika hewan, Fosil Manusia Purba, Perkakas Bersejarah, Al-quran Kuno dan masih banyak lagi.

 

7. Mesjid Raya Medan

Tak lengkap rasanya kalau belum berkunjung ke Mesjid Raya Medan. Objek wisata religi yang terkenal di medan ini juga merupakan salah satu ikon kebanggan masyarakat Medan. Terletak di Jalan Sisingamangaraja atau tidak jauh dari Istana Maimun. Mesjid ini memiliki desain arsitektur yang megah nan menawan. Dilengkapi dengan 5 kubah yang didominasi warna hitam serta bangunan mesjid yang berwarna putih, membuat mesjid ini tampak begitu indah.

 

8. Taman Wisata Iman Dairi

Taman Wisata Iman merupakan objek wisata berbasis religi yang terkenal di Sumatera Utara. Terletak di jalan Bangun I Parbuluan, Kabupaten Dairi. Disini kamu dapat menjumpai 5 ikon tempat ibadah keagamaan.

 

Selain itu disini kamu juga bakal disuguhkan pemandangan alam yang sangat indah, wajar karena letak objek wisata ini berada di atas bukit. Ada bebrapa objek yang dapat kamu jumpai disini seperti lapangan Manasik Haji, Patung Abraham, Patung Nabi Musa, Gereja Oikumene, Goa Bunda Maria, Kuil Hindu serta Vihara Saddahavadana.

 

9. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Bagi kamu yang ingin berwisata sedikit menantang namun mengasyikkan, kamu dapat mengunjungi penangkaran buaya yang terkenal di kota Medan ini. Terletak di jalan Bunga Raya II No 59 Sunggal, Kecamatan Medan Selayang, Kota Medan. Disini kamu akan disambut ribuan ekor buaya, namun kamu tidak usah takut, karena buaya - buaya tersebut sudah di tempatkan di kolam dan rawa buatan.

 

10. Rahmat Gallery Medan

Tempat wisata satu ini terbilang cukup unik dan menarik untuk dikunjungi. Rahmat Gallery Medan merupakan Gallery satwa bertaraf Internasional dan bahkan satu - satunya di Asia yang memiliki koleksi 2000 spesies binatang liar serta serangga yang telah di awetkan. Terletak di Jalan Letjend S.Parman No.309, Medan Baru, Kota Medan. Disini kamu bisa menjumpai berbagai koleksi satwa seperti Harimau, Singa, Beruang, Elang, Badak, Beruang dan masih banyak lagi. Pastikan kamera kamu selalu siap, karena tempat ini sangat bagus di jadikan objek foto.

 

11. Kebun Binatang Medan Zoo

Objek wisata selanjutnya yang dapat kamu kunjungi adalah kebun binatang Medan Zoo. Tempat ini merupakan objek wisata favorit dan terkenal di Medan. Terletak di Jalan Pintu Air IV Kelurahan simalingkar B, Kecamatan Medan. Kebun binatang yang dikelola oleh pemerintah tersebut menyajikan berbagai koleksi satwa yang dapat kamu jumpai seperti Gajah, Singa, Beruang, Harimau, dan masih banyak lagi.

 

12. Hairos Waterpark

Bagi kamu yang ingin berwisata bersama keluarga, kamu dapat mengunjungi Hairos Waterpark. Terletak di Jalan Letjend Jamin Ginting Km 14.5, Kecamatan Pancur Batu, Kota Medan. Disini kamu dapat berwisata waterboom. Ada banyak wahana permainan air yang kamu mainkan disini seperti Kiddy Pool, Kolam Ombak, Kolam Arus,  Bom - bom Car, Happy Dragon, Mini Flight, Kuda Pusing dan Masih Banyak Lagi. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat libur weekend.

 

Demikian ulasan seputar tempat wisata di Medan yang terkenal yang dapat kamu kunjungi. Apabila berlibur ke kota Medan, jangan lupa berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama